Dasar-Dasar Injil: Keilahian Isa Almasih - Suatu Perbandingan dengan Teks Quran di mana Isa Almasih Identik dengan Allah Swt

A. PENGANTAR
Mohon tidak salah paham, catatan ini tidak dibuat untuk menyangkal bahwa Isa yang hadir di konteks Israil abad 1 Masehi dalam perspektif penulis Quran adalah "tidak ilahi". Menurut Quran, Isa yang terlahir ke dunia adalah manusia biasa, titik.

Yang hendak diangkat dalam catatan ini adalah bagaimana Isa dalam Injil menyatakan dirinya di akhir zaman nanti dan jika dibandingkan dengan dalil Quran, maka disitu bisa kita temukan Isa 'menyamakan' dirinya dengan Allah.

B. DALIL INJIL - QURAN
ALLAH - ISA: DIA YANG DATANG DI AKHIR ZAMAN

QS 89:21-22 (Al-Fajr - Fajar, Urutan Turun Quran: 10, Makkiyah)
kallaa idzaa dukkati al-ardhu dakkan dakkaan wajaa-a rabbuka waalmalaku shaffan shaffaan
Jangan (berbuat demikian). Apabila bumi digoncangkan berturut-turut, dan datanglah Tuhanmu; sedang malaikat berbaris-baris.

------------ bandingkan ------------

Injil Yesus Kristus yang Ditulis Rasul Matius 24:30
Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.

ALLAH - ISA: DIA YANG MEMBANGKITKAN ORANG DARI KUBUR DI AKHIR ZAMAN

QS 30:25 (Ar-Ruum - Bangsa Romawi, Urutan Turun Quran: 84, Makkiyah)
wamin aayaatihi an taquuma alssamaau waal-ardhu bi-amrihi tsumma idzaa da'aakum da'watan mina al-ardhi idzaa antum takhrujuuna
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah berdirinya langit dan bumi dengan iradat-Nya. Kemudian apabila Dia memanggil kamu sekali panggil dari bumi, seketika itu (juga) kamu keluar (dari kubur).

Bnd. QS 36:78-79, QS 56:60-61

------------ bandingkan ------------

Injil Yesus Kristus yang Ditulis Rasul Yohanes 5:25
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup.

ALLAH - ISA: DIA YANG AKAN MENGHAKIMI MANUSIA DI AKHIR ZAMAN

QS 95:7-8 (At-Tiin - Buah Tin, Urutan Turun Quran: 28, Makkiyah)
famaa yukadzdzibuka ba'du bialddiini alaysa allaahu bi-ahkami alhaakimiina
Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu? Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?

------------ bandingkan ------------

Injil Yesus Kristus yang Ditulis Rasul Matius 25:31-33
Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya. Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing, dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya.

C. PEMBAHASAN
Tiga dalil di atas cukup menyatakan informasi bahwa Isa di akhir zaman akan melakukan 3 hal:
(1) Datang kembali;
(2) Membangkitkan Orang-orang dari kubur;
(3) Menghakimi seluruh manusia.

Tiga tindakan eskatologis tersebut identik dengan apa yang akan Allah Swt lakukan kelak ketika Dia datang ke dunia di akhir zaman.

Akhirul Qalam,
Mahabenar Firman Allah.
Maranatha.

QS 75:22-23 (Al-Qiyaamah - Hari Kiamat, Urutan Turun Quran: 31, Makkiyah)
Wajah-wajah (orang-orang mukmin) waktu itu berseri-seri. Kepada Tuhannyalah mereka melihat.