Benarkah Yesus Diangkat Jadi Tuhan pada Tahun 325 Masehi? | QS 43:65 - Faikhtalafa Al-Ahzaabu Min Baynihim

A. PENGANTAR
Terlalu ramai ajaran kawan Islam kita yang mengatakan bahwa "Yesus baru diangkat jadi Tuhan pada 325 Masehi" yaitu pada konsili gereja yang pertama di Nicea. Tidak perlu menjelaskan dengan Injil mengenai hal itu, cukup membaca apa yang dinyatakan Quran saja sudah terjawab bahwa klaim itu tidak benar. Yang benar adalah ketuhanan Yesus sudah diimani sejak Yesus ada di antara pengikut Yesus (orang-orang Yahudi maupun non-Yahudi).

B. DALIL QURAN
QS 43:65 (Az-Zukhruf - Perhiasan, Urutan Turun Quran: 63, Makkiyah)
FAIKHTALAFA AL-AHZAABU MIN BAYNIHIM fawaylun lilladziina zhalamuu min 'adzaabi yawmin aliimin
MAKA BERSELISIHLAH GOLONGAN-GOLONGAN (yang terdapat) DI ANTARA MEREKA, lalu kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang zalim ya'ni siksaan hari yang pedih (kiamat).

Perikop: QS 43:57-67 Nabi Isa as Mengajak Kaumnya untuk Beriman kepada Allah

43:57 Dan tatkala putra Maryam (Isa) dijadikan perumpamnaan tiba-tiba kaummu (Quraisy) bersorak karenanya.
43:58 Dan mereka berkata: “Manakah yang lebih baik tuhan-tuhan kami atau dia (Isa)?” Mereka tidak memberikan perumpamaan itu kepadamu melainkan dengan maksud membantah saja, sebenarnya mereka adalah kaum yang suka bertengkar.
43:59 Isa tidak lain hanyalah seorang hamba yang Kami berikan kepadanya nikmat (kenabian) dan Kami jadikan dia sebagai tanda bukti (kekuasaan Allah) untuk Bani lsrail
43:60 Dan kalau Kami kehendaki benar-benar Kami jadikan sebagai gantimu di muka bumi malaikat-malaikat yang turun temurun.
43:61 Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus.
43:62 Dan janganlah kamu sekali-kali dipalingkan oleh syaitan; sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.
43:63 Dan tatkala Isa datang membawa keterangan dia berkata: “Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hikmat dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian dari apa yang kamu berselisih tentangnya, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah (kepada)ku”.
43:64 Sesungguhnya Allah Dialah Tuhanku dan Tuhan kamu maka sembahlah Dia, ini adalah jalan yang lurus.
43:65 Maka berselisihlah golongan-golongan (yang terdapat) di antara mereka, lalu kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang zalim yakni siksaan hari yang pedih (kiamat).
43:66 Mereka tidak menunggu kecuali kedatangan hari kiamat kepada mereka dengan tiba-tiba sedang mereka tidak menyadarinya.
43:67 Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.

C. TAFSIR (1)
Jalalayn
But the factions differed among themselves, regarding [the status of] Jesus: was he God, or the son of God, or the third of Three [deities]? ...

Ibn ‘Abbâs
(But the factions) the Christians (among them differed) for some said he was the son of Allah, the Nestorians, some said he is Allah, the Jacobites, others said he is Allah's partner, the Melkites, and others said he is one of three hypostases, al-Marqusiyyah. ...

Ibn Kathir
... (But the sects from among themselves differed. ) means, they differed and became parties and factions, some who stated that he (`Isa) was the servant and Messenger of Allah -- which is true - while others claimed that he was the son of Allah or that he himself was Allah ...

D. PEMBAHASAN
Tidak dipungkiri bahwa semua penafsir menyebut nama-nama varian Kristen seperti Yakobit, Nestorian, dll. Namun di dalam teks Quran hanya disebutkan bahwa "MAKA BERSELISIHLAH GOLONGAN-GOLONGAN (yang terdapat) DI ANTARA MEREKA, ...". Kita perlu memahami bahwa yang di maksud dengan "mereka" adalah orang-orang Yahudi yang menjadi pengikut Yesus di zaman Yesus ada.

Terlebih ketika kita melihat konteks ayat sebelumnya dikatakan:
43:63 Dan tatkala Isa datang membawa keterangan dia berkata: “Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hikmat dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian dari apa yang kamu berselisih tentangnya, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah (kepada)ku”.
43:64 Sesungguhnya Allah Dialah Tuhanku dan Tuhan kamu maka sembahlah Dia, ini adalah jalan yang lurus.

Amat logis menganggap bahwa perselisihan yang ada di antara pengikut Yesus memang sudah terjadi sejak Yesus berkarya di masanya: " ... tatkala Isa datang membawa keterangan ... maka berselisihlah golongan-golongan di antara mereka ..."

Jadi, adalah suatu kebodohan mengumbar ajaran yang menyatakan bahwa "Yesus baru diangkat jadi Tuhan pada 325 Masehi" karena sejak awal sudah ada pengikut Yesus yang mengimani Yesus itu adalah Tuhan.

-------
Footnote:
(1) http://quranx.com/Tafsirs/43.65