Pengutusan Muhammad Sama Seperti Pengutusan Musa | QS 73:15 - Innaa Arsalnaa Ilaykum Rasuulan

A. PENGANTAR
Banyak kawan Islam kita berpemahaman bahwa nabi Muhammad diutus oleh Allah kepada seluruh umat manusia di dunia ini. Betul ada ayat yang dipahami menyebut tentang hal itu memang dan bisa menjadi ruang debat tersendiri nanti di lain waktu. Dalam catatan ini hendak dibuktikan bahwa sebenarnya pun pengutusan nabi Muhammad tak ubahnya sama seperti pengutusan Musa: untuk menyelamatkan kaumnya, yaitu kaum kafir Mekkah.

B. DALIL QURAN
QS 73:15 (Al Mizammil, Makkiyah, Urutan Turun: 3)
INNAA ARSALNAA ILAYKUM RASUULAN syaahidan ‘alaykum KAMAA arsalnaa ilaa fir’awna rasuulaan
SESUNGGUHNYA KAMI TELAH MENGUTUS KEPADA KAMU (hai orang kafir Mekah) SEORANG RASUL, yang menjadi saksi terhadapmu, SEBAGAIMANA Kami telah mengutus (dahulu) seorang Rasul kepada Fir’aun.

C. TAFSIR (1)
Jalalayn
WE HAVE INDEED SENT TO YOU, O PEOPLE OF MECCA, A MESSENGER, namely, Muhammad (s), to be a witness against you, on the Day of Resurrection to any disobedience that you engage in, just as We sent to Pharaoh a messenger, namely, Moses, peace be upon him.

D. MEMBACA TEKS SECARA KRONOLOGIS (2)
Dalam kronologi turunnya Quran, QS 73 menempatkan diri di urutan ke 3 setelah QS 96, QS 68 turun.
__ Mecca_03
__ 73
__ al-Muzammil
__ The Mantled One
__ except for 73.10-11, 20, from Medinah

Tidak diragukan lagi ayat ini adalah pengutusan terawal Muhammad menurut Quran. Sayangnya Anda tidak terbiasa membaca Quran secara kronologis.

D. PEMBAHASAN
Menarik karena dalam QS 73:15 Allah menyebutkan dua hal yang sangat spesifik
(a) ... ILAYKUM ..., kepada kamu.
(b) ... KAMAA ..., sebagaimana.
Dari tafsir kita mengetahui bahwa "kamu" di ayat itu ditujukan secara spesifik kepada Kaum Mekkah. Ditambah lagi perbandingan dengan Musa yang diutus jelas untuk kaum Israel.

Bukankah selama ini Islam selalu mengklaim bahwa "sebelum Muhammad, semua nabi diutus untuk kaum tertentu saja", tidak terkecuali Musa yang dianggap hanya diutus untuk Israil. Sedangkan dalam QS 73:15, Anda bisa melihat sendiri bahwa menurut Allah Anda, pengutusan Musa untuk bani Israil adalah sama seperti saat Muhammad diutus untuk kaum kafir Quraisy Mekkah.

QS 73:15 adalah bukti bahwa pengutusan paling awal dari Allah kepada Muhammad adalah persis seperti pengutusan Musa ke Bani Israil. Pengutusan yang tertuju pada satu kelompok atau kaum tertentu. Begitu pula dinyatakan secara spesifik pengutusan itu dalam beberapa ayat lain, misal:

DIUTUS UNTUK KAUM YANG BELUM PERNAH DIPERINGATKAN

QS 36:6 (Yaasiin - Yasin, Urutan Turun Quran: 41, Makkiyah)
litundzira QAWMAN MAA UNDZIRA AABAAUHUM fahum ghaafiluuna
Agar kamu memberi peringatan kepada KAUM YANG BAPAK-BAPAK MEREKA BELUM PERNAH DIBERI PERINGATAN, karena itu mereka lalai.

DIUTUS UNTUK KAUM BUTA HURUF

QS 62:2 (Al-Jumu'ah - Hari Jumat, Urutan Turun Quran: 110, Madaniyah)
huwa alladzii BA'ATSA FII AL-UMMIYYIINA RASUULAN MINHUM yatluu ‘alayhim aayaatihi wayuzakkiihim wayu’allimuhumu alkitaaba waalhikmata wa-in kaanuu min qablu lafii dhalaalin mubiinin
Dialah yang MENGUTUS KEPADA KAUM YANG BUTA HURUF SEORANG RASUL DI ANTARA MEREKA, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan Hikmah (As Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata,

-------
Footnote
(1) http://www.altafsir.com/Tafasir.asp?tMadhNo=0&tTafsirNo=74&tSoraNo=73&tAyahNo=15&tDisplay=yes&UserProfile=0&LanguageId=2
(2) http://www.bombaxo.com/chronsurs.html

QS 5:116 (Al-Ma'aidah - Hidangan, Urutan Turun Surah: 112, Madaniyah)
wa-idz qaala allaahu YAA 'IISAA IBNA MARYAMA A-ANTA QULTA LILNNAASI ittakhidzuunii waummiya ilaahayni min duuni allaahi ...
Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: "HAI 'ISA PUTERA MARYAM, ADAKAH KAMU MENGATAKAN KEPADA MANUSIA: "Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah ?" ...